Cara Mengeringkan Perangkat Elektronik yang Basah Secara Menyeluruh


Cara Mengeringkan Perangkat Elektronik yang Basah Secara Menyeluruh - Ini musim panas. Anda berada di luar dan sekitar dengan teman-teman Anda, menikmati kolam renang, pantai, atau hanya taman di halaman belakang, dan seseorang memutuskan itu akan menjadi ide bagus untuk mendorong Anda ke kolam renang atau rendam Anda ke kulit dengan taman selang . Ini semua menyenangkan dan permainan sampai seseorang membasahi telepon, maka Anda hanya dicoret.

Jika hal di atas terjadi pada Anda - atau lebih buruk lagi, jika perangkat elektronik pilihan Anda mengambil dunk singkat di toilet terdekat - artikel ini akan menunjukkan prosedur yang tepat untuk mengeringkan elektronik Anda dengan cepat dan benar-benar kering.

Catatan : Instruksi berikut adalah operasi "mileage Anda dapat bervariasi". Tergantung pada berapa lama perangkat Anda terendam atau seberapa jenuh perangkat Anda , prosedur ini mungkin atau mungkin tidak berhasil untuk Anda. Namun, menggunakan prosedur ini kemungkinan akan menjadi pilihan terbaik Anda untuk mengembalikan perangkat Anda ke tanah yang hidup dan (semoga) berfungsi penuh.

Untuk mengeringkan perangkat basah Anda , baik itu ponsel, tablet , radio, pemutar MP3 , komputer , dll., Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Matikan Sepenuhnya

Jika perangkat masih menyala saat Anda mengeluarkannya dari air, matikan sepenuhnya. Bahkan jika perangkat masih berfungsi, mematikannya sepenuhnya dapat mencegah sirkuit dari korslet. Ini bukan hanya menempatkan perangkat untuk tidur atau mematikan layar . Tutup perangkat sepenuhnya.

Lepaskan Baterai, Jika Mungkin

Jika perangkat Anda memiliki baterai yang dapat dilepas , keluarkan baterai dari perangkat . Ini akan lebih melindungi perangkat Anda dari korslet dan mendapatkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki. Dalam kebanyakan kasus bukan air itu sendiri yang membunuh perangkat , itu perangkat korslet karena air ada di perangkat sementara muatan listrik hadir.

Singkirkan Semua Air

Di sinilah hal-hal menjadi sulit. Anda harus membuang sebanyak mungkin air. Anda mungkin perlu menyekanya dengan kain atau mengeluarkan air. Anda juga dapat - tergantung pada perangkat dan bagaimana perangkat itu disatukan - perlu membuang beberapa panel atau potongan untuk mengekspos bagian dalam perangkat di mana air mungkin bersembunyi dan mengguncangnya atau membuang air. Berikut ini adalah cara lain untuk menghilangkan air dan mengeringkan perangkat Anda sepenuhnya .


  • Gunakan sekaleng udara terkompresi : Anda harus berhati-hati di sini, karena udara yang terkompresi suka meniup SANGAT dingin dan sesaat dapat membekukan permukaan benda yang disemprotkan. Dengan cara apa pun Anda mendekati ini, perangkat harus seperti air bebas seperti yang Anda bisa mendapatkannya sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.
  • Gunakan Pengering Rambut : Jika diperlukan, pengering rambut dapat digunakan untuk membantu mempercepat proses pengeringan, tetapi HANYA dengan pengaturan udara dingin. Jangan membombardir perangkat Anda dengan udara panas. Anda dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut dengan aplikasi udara panas. Apa yang benar-benar ingin Anda coba lakukan adalah memaksa dingin, suhu ruangan udara ke daerah-daerah di mana tegangan permukaan air menyebabkannya menempel ke perangkat, memaksanya keluar, membuatnya menguap. Ini agak lebih baik daripada udara terkompresi, karena aliran konstan dari hembusan udara cepat dapat diarahkan ke perangkat Anda tanpa khawatir bagian pembekuan cepatnya.
  • Secara Hemat, Terapkan Alkohol : Dengan menggunakan kapas, seka alkohol dalam jumlah kecil ke area yang terkena, lalu meniupnya untuk membantu alkohol menguap. Alkohol akan menghilangkan air dari permukaan, tetapi sekali lagi, gunakan kehati-hatian dan kebijaksanaan. Jika Anda belum pernah melakukan ini sebelumnya, jangan lakukan. Anda dapat menyebabkan kerusakan tambahan dengan membuat komponen terlalu basah jika Anda menerapkan terlalu banyak alkohol. Namun, karena alkohol menguap lebih cepat daripada air, mencampur keduanya dapat membantu menghilangkan air dari tempat yang membandel.
  • Tutup perangkat di Dry Drying Agent: Agen paling umum yang diketahui membantu di sini adalah nasi putih. Meskipun sudah tersedia dan murah, mungkin tidak seefektif agen pengeringan lainnya. Anda juga dapat menggunakan gel silika (sering digunakan untuk mengeringkan bunga. Paling baik menggunakan pasir yang sama seperti yang ditemukan di tas kecil yang Anda temukan di kotak dengan perangkat Anda). Gel silika menyerupai pasir atau butir butiran halus lainnya, dan sejujurnya, kemungkinannya akan jauh lebih efektif daripada nasi putih. Dapatkan wadah kedap udara dan tutupi sepenuhnya perangkat Anda di agen pengering. Biarkan perangkat dalam wadah selama setidaknya 48 jam penuh. Perangkat Anda mungkin memerlukan jangka waktu yang lebih lama di agen pengering tergantung pada berapa lama dan seberapa terendam sepenuhnya. Dalam beberapa kasus, perangkat mungkin perlu duduk selama beberapa hari atau hingga satu minggu - tanpa mencoba untuk melihat apakah itu akan menyala lagi. Hal yang perlu diingat di sini adalah, semakin lama Anda meninggalkan perangkat di agen pengering tanpa mencoba untuk melihat apakah perangkat akan menyala, semakin baik kesempatan Anda memilikinya saat Anda memasukkan kembali baterai dan / atau hidupkan kembali ketika benar-benar kering. Jika perangkat tidak mau hidup kembali setelah seminggu di agen pengeringan, kemungkinan besar akan rusak secara permanen.

Periksa Informasi Garansi Anda

Ada kemungkinan besar perangkat elektronik Anda mungkin rusak oleh air. Yang terbaik yang dapat Anda lakukan sekarang adalah memeriksa garansi Anda dan berdoa bahwa itu mencakup kerusakan air. Jika perangkat tidak berfungsi setelah semua hal di atas, perangkat mungkin perlu diperbaiki secara profesional, dan jaminan Anda mungkin atau tidak dapat menutupi biaya perbaikan.

Kerusakan air adalah risiko ketika mencoba mencampur kesenangan musim panas dengan elektronik. Sadarilah di mana Anda berada, dan cobalah untuk tidak membawa perangkat Anda di sekitar kolam renang atau badan air besar lainnya. Saat Anda menghadapi situasi ini, bertindak cepat dan mengikuti prosedur di atas kemungkinan akan memberi Anda peluang terbaik untuk menyimpan perangkat Anda .


Komentar