Cara Menemukan Tanggal / Hari Tertentu Di Excel

Cara Menemukan Tanggal / Hari Tertentu Di Excel

Cara Menemukan Tanggal / Hari Tertentu Di Excel - Jika Anda menggunakan Excel untuk mempertahankan jadwal dan / atau lembar waktu, Anda mungkin perlu menemukan tanggal pada hari tertentu dalam sebulan. Misalnya, tanggal berapa hari Senin kedua bulan itu? Jika Anda perlu mencari informasi yang sama ini tetapi tidak ingin menggunakan kalender untuk melakukannya, ada rumus sederhana yang dapat Anda gunakan.

Variabel

Kita berurusan dengan hari-hari dalam seminggu, dan bulan dalam setahun jadi sementara ada variabel dalam rumus ini, ruang lingkup mereka terbatas. Yang mengatakan, kami akan memberi Anda rumus dan menjelaskan variabel mana yang mana.

Tahun: Tahun dari bulan yang Anda inginkan untuk mencari tanggal.

Bulan: Bulan yang Anda inginkan untuk mencari tanggal.

Hari dalam seminggu: Hari dalam seminggu Anda ingin mencari tanggalnya.

Kejadian: Terjadinya hari yaitu, Senin pertama, atau Jumat kedua, atau hari Rabu ketiga.
Variabel-variabel ini tidak akan digunakan oleh nama. Yang dapat Anda lakukan hanyalah menggunakan alamat sel, rumusnya akan jauh lebih mudah untuk menyesuaikan untuk kebutuhan Anda sendiri ketika diformat dengan benar. Variabel di atas akan bertindak sebagai tajuk kolom sehingga lebih mudah bagi Anda untuk memahami apa yang sedang terjadi dan mengedit rumus.

Rumus

Rumus generik adalah sebagai berikut namun Anda perlu mengeditnya dengan contoh yang diberikan sehingga dapat mengembalikan tanggal. Tempelkan yang berikut di sel kosong dan gunakan contoh untuk mengeditnya.
= DATE (A8, B8,1 + 7 * D8) -WEEKDAY (DATE (A8, B8,8-C8))

Contoh

Bulan diberi nomor 1-12 mulai bulan Januari. Hari-hari dalam seminggu diberi nomor 1-7 dimulai dengan hari Minggu yang berarti hari Minggu sama dengan 1, Senin sama dengan 2, Selasa sama dengan 3, dan seterusnya.

Dalam rumus di atas, nilai-nilai yang perlu diedit untuk kebutuhan Anda adalah;

A8, B8, D8, dan C8.

A8 = Tahun, B8 = Bulan, C8 = Hari dalam seminggu, dan D8 = Kejadian

Pengeditan adalah satu-satunya bagian yang sulit tetapi setelah Anda mengetahuinya, akan mudah menggunakan rumus ini. Itu berasal dari ale pengguna Superuser.

Jika Anda gugup apakah Anda telah mengedit nilai dengan benar, cobalah beberapa dan gunakan kalender untuk memeriksa apakah Anda mendapatkan hasil yang benar. Satu-satunya yang membingungkan adalah antara hari dalam seminggu dan kemunculannya. Ingat bahwa nilai untuk hari dalam seminggu bisa setinggi 7 sedangkan kejadiannya tidak bisa lebih dari 5.

Komentar