Cara Melihat Password Dalam Keychain Pada iOS Dan MacOS


Cara Melihat Password Dalam Keychain Pada iOS Dan MacOS - Keychain adalah utilitas pengelola kata sandi Apple yang dibangun ke dalam macOS dan iOS. Anda mungkin telah menggunakan Google Chrome untuk masuk ke situs web dan browser menawarkan untuk mengingat kata sandi untuk Anda, dan isi otomatis mereka pada saat Anda harus masuk ke situs web yang sama. 

Keychain memang seperti itu tetapi pada tingkat OS, dan dapat menyinkronkan kata sandi ini antara macOS dan perangkat iOS. Jika kebutuhan itu muncul, Anda dapat melihat kata sandi dalam Keychain di kedua macOS dan iOS.

Lihat Kata Sandi Dalam Gantungan Kunci

Anda harus mengaktifkan keychain pada perangkat Anda untuk melihat kata sandi yang disimpan di dalamnya. Jika Anda telah mengaktifkan keychain di iOS tetapi tidak di macOS, Anda tidak dapat melihat kata sandi yang disimpan dalam Keychain di desktop Anda.

macOS

Pada macOS, gunakan Spotlight untuk mencari dan membuka aplikasi Akses Keychain. Seharusnya ada di folder Lain jika Anda akan melalui Peluncur.

Akses gantungan kunci berisi daftar informasi yang luas. Dari kolom di sebelah kiri, klik daftar Semua Item. Anda juga dapat menggunakan bilah pencarian di bagian atas untuk mencari situs web tertentu mis. Facebook, dan menemukan kredensial yang Anda simpan.

Klik dua kali entri untuk membukanya. Klik opsi 'Tampilkan Sandi', autentikasi dengan kata sandi Anda, dan Anda akan dapat melihatnya.

iOS

Buka aplikasi Pengaturan di iOS dan buka Akun & Kata Sandi. Ketuk Aplikasi & Kata Sandi Situs Web di layar berikutnya. Anda perlu mengotentikasi dengan Touch ID atau dengan kode sandi Anda sebelum Anda dapat melihat kata sandi. Jika Anda memiliki ID Sentuh yang dikonfigurasi, iOS akan meminta Anda untuk menggunakannya untuk mengautentikasi akses ke Gantungan Kunci.

iCloud memang memiliki antarmuka web, Anda tidak dapat mengakses kata sandi keychain Anda dari situ. Keychain terhubung antara perangkat menggunakan iCloud namun Apple sangat berhati-hati dalam menyimpan kata sandi dan tidak menganggap antarmuka web adalah platform aman untuk mengakses informasi sensitif. Itu semacam apa yang menjadikan Keychain salah satu dari brankas sandi paling aman yang bisa Anda dapatkan.

Keychain tidak menyimpan informasi kecuali Anda secara eksplisit menambahkannya sendiri. Ini berarti bahwa jika Anda telah menggunakan pengelola kata sandi browser Anda, tetapi tidak pernah menambahkan kata sandi atau informasi login yang sama ke keychain, Anda nantinya tidak dapat memulihkannya dari aplikasi Akses Gantungan Kunci. 

Di mana Keychain menjaga informasinya tetap aman, ia juga menghormati privasi pengguna dengan tidak secara otomatis mengakses dan menyimpan data yang tidak meminta aplikasi untuk disimpan. Ini akan menawarkan untuk menambahkan kata sandi tetapi tidak akan menambahkannya kecuali Anda mengizinkannya.

Komentar