Perbedaan Antara Bitcoin dan Ethereum


Perbedaan Antara Bitcoin dan Ethereum - Tahun 2017 benar-benar merupakan tahun masa kriptooris, dan meskipun harganya kini turun, minat mereka terutama pada mata uang utama, belum turun. 

Dua mata uang yang paling populer - Bitcoin dan Ethereum - mengalami kenaikan harga yang drastis sepanjang tahun - dari di bawah $ 1.000 sampai mendekati $ 20.000 dan dari di bawah $ 10 sampai lebih dari $ 1.300, masing-masing. Jika Anda tertarik untuk berinvestasi dalam kriptocurrency , berikut adalah penjelasan singkat tentang perbedaan antara Bitcoin dan Ethereal.

1. Bitcoin adalah Generasi 1, sedangkan Ethereum adalah Generasi 2

Bitcoin adalah cryptocurrency besar pertama yang menarik perhatian publik. Dalam arti, ini adalah generasi pertama. Ethereum datang ke tempat kejadian beberapa tahun kemudian dan membangun Bitcoin , jadi Anda bisa menyebutnya generasi kedua. 

Kedua mata uang tersebut terdesentralisasi dan menggunakan teknologi blockchain. SementaraBitcoinsebagian besar merupakan alat pembayaran (dan investasi, karena harganya yang tinggi baru-baru ini),Ethereum juga merupakan platform pemrograman dimana Anda dapat menulis aplikasi (dikenal sebagai kontrak pintar ).

Banyak yang bisa ditulis mengenai prinsip blockchain yang berbeda antara Bitcoin dan Ethereum , namun selain kontrak cerdas, perbedaan lain yang ingin saya tunjukkan adalah biaya per transaksi. Dengan Ethereum, transaksi memiliki biaya berbeda (disebut gas ) berdasarkan kompleksitas komputasional, penggunaan bandwidth dan ruang penyimpanan. Dalam biaya transaksi Bitcoin dihitung berdasarkan ukuran bloknya saja.

2. Kapitalisasi dan Penerbitan Mata Uang Asing

Perbedaan lain antara Bitcoin dan Ethereum adalah mengenai kapitalisasi dan penerbitannya. Bitcoin terbatas pada 21 juta bitcoin, sekitar 17 juta di antaranya telah dikeluarkan. 

Saat ini Ethereum tidak memiliki batas, berarti koin baru dikeluarkan setiap tahun, namun ada rencana untuk menghentikan penerbitan koin baru di masa depan. Secara teori, bila tidak ada persediaan baru lebih banyak koin, ini harus menaikkan harga mereka.

3. Pendekatan Pertambangan

Salah satu perbedaan utama antara Bitcoin dan Ethereum adalah pendekatan mereka terhadap pertambangan. Sementara kedua mata uang tersebut dapat ditambang (tidak seperti Ripple , misalnya), Ethereum telah belajar dari kesalahan Bitcoin dan telah membuat perbedaan besar dalam model pertambangannya untuk menghindari konsentrasi penambang sebanyak mungkin.

Algoritma penambangan Ethereum tidak mungkin dijalankan dari ASICS , dan artinya Anda tidak bisa mendapatkan peralatan pertambangan yang relatif murah dan memonopoli proses penambangan, karena situasinya dengan Bitcoin sekarang. Ethereum dapat ditambang di GPU atau CPU, walaupun saat ini investasi ini tidak layak karena ada banyak persaingan dan kartu GPU yang bagus memerlukan banyak biaya.

Kedua, algoritma penambangan Ethereum menghambat penambangan kolam, yang merupakan langkah lain menuju konsentrasi pertambangan yang lebih rendah. Dengan kata lain, Anda bisa menambang solo dan tetap menghasilkan keuntungan, sementara dengan pertambangan solo Bitcoin tidak ada gunanya.

Ketiga, saat ini baik Ethereal dan Bitcoin menggunakan mekanisme PoW (Bukti Pekerjaan) untuk memberi penghargaan kepada para penambang, Ethereum sedang mempertimbangkan untuk pindah ke PoS (Proof of Stake) akhir tahun ini. 

Tidak seperti PoW, faktor mana yang menghalangi banyak penambang yang diproses, sehingga memberi keuntungan bagi individu dan perusahaan dengan peralatan pertambangan yang lebih mahal, PoS mendistribusikan penghargaan berdasarkan jumlah uang logam (misalnya taruhan) yang dimiliki oleh sebuah node.

Kesimpulan

Saya bisa menjelaskan lebih jauh tentang bagaimana Bitcoin dan Ethereal berbeda, tapi saya berpikir untuk seorang pemula kripto yang mempertimbangkan investasi di salah satu atau kedua mata uangnya, penjelasan ini merupakan awal yang baik. 

Hanya untuk menjadi jelas, saya tidak akan membuat rekomendasi investasi - terserah Anda untuk memutuskan apa yang Anda lakukan dengan uang Anda. Dalam setiap kasus , jangan lupa aturan sederhana: tidak berinvestasi lebih dari yang Anda mampu untuk kehilangan! Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut, Anda bisa mendapatkan Kursus Investasi Cryptocurrency yang lengkap (saat ini dengan diskon 94%) dan pelajari semua yang perlu Anda ketahui tentang investasi kriptocurrency .
Ethereum pasti memiliki potensi untuk menjadi kriptocurrency nomor satu , namun posisi Bitcoin tetap lebih kuat dari sebelumnya. Meski Ethereum jauh lebih maju dalam hal teknologi, masih jauh tertinggal dibanding Bitcoin dalam hal kapitalisasi pasar dan popularitas. Jika ini akan berubah, hanya masa depan yang akan memberi tahu.

Komentar